Sabtu, 09 Maret 2013

Cara Ternak Ayam Bangkok


Mengawinkan induk bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman. Hal yang sulit adalah mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (doddogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan. Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.

Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini

Jumat, 08 Maret 2013

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok

Berhasil tidaknya pemeliharaan ayam remaja sangat tergantung dari cara peternak membesarkan anak ayam. Apabila dipelihara dengan baik, tentu pertumbuhannya akan berlangsung dengan cepat dan angka kematiannya pun cukup. Maka ketika memasuki remaja, maka pemeliharaannya menjadi lebih mudah. Namun, tidak semua peternak ayam bangkok memulai usahanya dari memelihara anak ayam. Sebab, bisa membeli dari peternak lain ayam yang sudah remaja.

Pemeliharaan ayam remaja lebih mudah dilakukan dari pada ayam anakan, karena pada saat seperti itu pertumbuhan bulu dan pengaturan suhu tubuh sudah sempurna. Pengaruh luar terhadap suhu

Kamis, 07 Maret 2013

Cara Merawat Ayam Bangkok Ngurak/Mabung



Proses pergantian bulu atau sering disebut dengan istilah Mabung, Ngurak atau Moulting pada unggas, merupakan hal yang rutin dan terjadi tiap tahun. Pada masa ganti bulu, biasanya banyak bebotoh yang tidak menyadari tentang kondisi ayam yang membutuhkan berbagai mineral dan protein yang bertambah pada fase ganti bulu. Bebotoh masih saja memperlakukan ayamnya dengan ransum biasa, padahal ayam yang mengalami proses ganti bulu lebih memerlukan perhatian ekstra. Pada fase ganti bulu ini merupakan fase istirahat yang panjang dan perlu diberikan pakan khusus yang lebih bergizi tinggi dan mineral berikut vitamin yang cukup. Pemberian pakan yang

Kualitas Ayam Bangkok Dilihat dari Bentuk Kakinya



Ayam tarung sebagai petarung sangat mengandalkan kakinya untuk menjatuhkan lawan, kekuatan kaki sebagai prioritas utama untuk mencari ayam tarung yang bagus. Bentuk kakipun beraneka ragam ada yang bulat adapula berbentuk persegi (blimbing) dan ukurannya tentu juga tidak sama ada yang kecil dan besar. Untuk menentukan pilihan bentuk kaki yang bagaimana memang perlu pengalaman yang cukup untuk mengamati. Salah satu peternak besar ayam bangkok H. Zainul yang telah puluhan tahun mengembangkan ayam tarung menilai kaki yang kecil lebih cepat dan pukulanya sakit.

Memang dalam perkembangan bentuk

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus



Ayam bangkok ideal adalah Ayam bangkok yang memenuhi syarat sebagai petarung yang tangguh, yang mana ciri-cirinya lebih spesifik lagi dari tanda-tanda ayam bangkok/aduan secara umum. Seekor ayam bangkok ideal akan memiliki daya tahan terhadap pukulan, memiliki pukulan yang keras, memiliki kelincahan dalam bertarung.

Memilih Ayam Bangkok kualitas terbaik bukanlan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi hal ini disebabkan karena banyaknya ciri-ciri umum dan khusus yang harus dipenuhi saat memilih dan membeli Ayam Bangkok. Beberapa ciri-ciri penting tersebut yaitu:
  1. Kepala model buah pinang (Prioritas Utama)
  2. Paruh panjang dan tebal